14 Feb 2009, 12:48
Intermezo
by Wira


Happy Valentine

Sedianya, tulisan ini berjudul, “Seminggu Melototi StatPress”, dan baru akan saya posting setidaknya besok malam. Tapi, demi sebuah momen, dan sebagai blog yang menolak dikatakan katrok, tidak mau dianggap tidak gaul, mencoba ikutan latah, maka, dengan penuh kasih, hari ini saya posting tulisan ini, sebagai simbol ungkapan sayang saya kepada semua pengamat teaterangin.com, “Happy Valentine!” Semoga semangat valentine selalu ada di sini, tidak hanya hari ini, tapi juga hari-hari berikutnya, hari-hari setelah ini, dan hari-hari seterusnya.

Tuntas sudah tugas blog ini di hari ini, untuk sekedar latah mengucapkan happy valentine, dan saatnya to the point, seminggu melototi StatPress. Lebih tepatnya bukan seminggu, tapi cuma 6 hari. Ya, sejak saya menginstall StatPress di teaterangin.com tanggal 8 Februari 2009, saya selalu mengamati [sambil melototi] statistik blog ini. Catatan statistik selama 6 hari sampai kemarin, mudah-mudahan dapat saya gunakan sebagai evaluasi demi kenyamanan blog ini selanjutnya. Banyak sekali ternyata yang dapat saya pelajari, sambil terus melototi statistik.

Evaluasi yang paling nyata yang dapat saya lakukan setelah melototi statistik selama 6 hari adalah penambahan halaman “Download”. Anda lihat di pojok kiri atas? Pada bagian pages? Jika Anda pernah berkunjung di sini sebelum hari ini, maka Anda akan tahu bahwa telah ditambahkan page download di sana. Jika Anda klik page download tersebut, Anda akan diajak menuju ke sebuah halaman, dimana [nantinya] Anda bisa menemukan naskah-naskah yang berkaitan dengan dunia teater, yang bisa Anda download. Halaman download ini saya tambahkan setelah melihat betapa banyaknya search keyword yang mengandung “naskah drama” di dalamnya, yang pada akhirnya menuju ke blog ini. Saya berasumsi bahwa kawan-kawan yang memasukkan keyword tersebut tentunya sedang berusaha untuk mencari naskah drama. Dan tentu akan sangat mengecewakan, ketika search engine mengarahkannya ke blog ini, lalu mereka pulang dengan tangan hampa. Saya berpikir, tidak ada salahnya saya menambahkan sebuah halaman atau link untuk memfasilitasi pendownloadan naskah drama. Untuk saat ini, saya hanya baru bisa mengisi halaman download tersebut dengan sebuah buku seni teater, yang saya dapatkan dari situs BSE-nya Depdiknas. Ke depannya, mudah-mudahan blog ini bisa menghadirkan berbagai macam naskah yang berkaitan dengan teater. Adakah kawan-kawan yang rela untuk sharing naskah-naskah drama di sini? Atau setidaknya memberikan link yang berisi naskah-naskah? Terima kasih.

Hal lain yang menarik perhatian saya tentang statistik search keyword ini adalah, saya menemukan bahwa ada pencarian terhadap beberapa anak angin. Seseorang pernah memasukkan keyword “wahyu landung“, seseorang lain memasukkan keyword “rasti rainia“, dan mereka akhirnya sampai pada sebuah halaman blog ini. Sayangnya, para pencari Wahyu Landung dan Rasti Rainia tersebut tidak meninggalkan jejaknya, untuk sekedar memberikan comment, ketika mendapati apa yang mereka cari ternyata disebut-sebut di sini. Seperti pernah dilakukan oleh Anton Muhajir, yang langsung meninggalkan comment, ketika mendapati nama kawannya, Wahyu Dhyatmika, tertulis dengan gagah dalam salah satu cerita blog ini. Kawan ketemu kawan, dan sungguh menyenangkan ketika mendapati teaterangin.com menjadi sebuah ajang silaturahmi.

Ada juga yang saya kategorikan sebagai keyword nyasar. Ketika seseorang memasukkan keyword “Tamara Blezynski” ke dalam search engine, apa yang diharapkannya, sehingga pada akhirnya nyasar sampai di blog ini? Yang paling lucu buat saya adalah, ketika mendapati keyword “reni kerambitan“, lalu nyasar ke sini. Kok saya langsung menduga, bahwa pencari reni kerambitan ini, sebenarnya sedang mencari video p*rn* berformat 3gp. Hehe…. [Waduh, ketahuan deh, kalau saya punya file reni_kerambitan.3gp] :D

Selain statistik mengenai search keyword, saya juga mengamati tentang browser yang dipakai oleh pengunjung. Ternyata Internet Explorer 6 menduduki peringkat pertama, jauh melebihi Opera dan Firefox andalan saya. Ah, saya jadi sedih, karena saya tahu, pemakai IE6 akan mendapati badge angin [kanggoang malu] yang saya pasang di sini terlihat berlatar belakang abu-abu, bukannya transparan, seperti di Firefox dan Opera. Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, dan saya sendiri juga tidak mengerti dengan perbedaan perlakuan dasar transparan file png pada IE6 dibandingkan Firefox dan Opera. Browser lain yang membuat saya terkejut adalah Chrome, karena browser ini ternyata mengungguli Firefox dan Opera. Saya belum pernah melihat teaterangin.com dalam browser Chrome, semoga saja tampilannya secantik di Firefox, yang biasa saya gunakan. Sukada atau Arya mungkin bisa menginformasikan penampakan blog ini pada Chrome? Terima kasih.

Terakhir, mengenai IP address yang tertangkap sebagai penyumbang comment spam. Melalui StatPress, saya tahu bahwa ada dua IP penyepam yang secara konsisten terus-menerus mengunjungi blog ini. Walaupun kedua IP ini sudah saya blacklist melalui discussion setting, sehingga mereka tidak akan bisa lagi memasukkan comment spam-nya, tapi kegigihan mereka yang secara rutin selalu berkunjung, akhirnya membuat saya jengkel. Kejengkelan saya berhasil mem-banned kedua IP ini, dengan mencantumkannya ke dalam file def ipban di StatPress. Akhirnya, selamat tinggal, IP spam! Dan tidak lupa, happy valentine spammer….

beh, kalo di search “imsuryawan” ato “suryawan” kok ga ada ya muncul link ke blog ini? :D

[Reply]

Wira Reply:

Haha… mungkin saja ada Doel. Tapi munculnya di halaman-halaman belakang. Kayaknya SEO blog ini belum mumpuni. Link-link yang menuju ke sini juga, setelah saya cek, memang sebagian besar berasal bukan dari halaman pertama. :)

happy valentine’s day!!! :) sambil melototi StatPress!

hehe

[Reply]

Wira Reply:

Valentine day emang happy banget… tapi kali ini ndak pake melotot kok…. :D

“Waduh, ketahuan deh, kalau saya punya file reni_kerambitan.3gp”

ckckckck…

[Reply]

Wira Reply:

Mmm? Rasti mau liat? Atau jangan-jangan udah punya sendiri? Hahaha…. :D

Viva Statistik! Penampakan blog ini di firefox ama chrome sama aja tuh, dari saya seehh.

[Reply]

Wira Reply:

Syukur deh kalau penampakannya sama.

Selamat ngoprek blog. :)

[Reply]

Wira Reply:

Thanks, Pak Dokter. Semoga blog saya sebagus blognya Pak Dokter. [Hehe... mimpi....]

met valentine juga, klo boleh sekedar saran untuk theme coba kunjungi wordpressku.co.cc ada template gratis revolution punya sapa tau ada yang menarik hati

[Reply]

Wira Reply:

Thanks, nanti saya meluncur….

oh iya coba bro, install plugin semacam Akismet untuk menanggulangi spam lumayan ntar klo udah rame, spamnya juga tambah banyak bisa2 bandwithnya penuh sama spam ntar

[Reply]

Wira Reply:

Siiip, Akismet sudah terinstall.

salam teater
sekedar berbagi info. jika kawan-kawan mencari naskah lakon (gruping/monolog) silakan berkunjung ke blog berikut ini;
http://leebirkin.blogspot.com
http://mahdiduri.blogspot.com
http://teater-anonimus.blogspot.com

terima kasih.

[Reply]

*name

*e-mail

web site

leave a comment


 
  • Recent Comments

  • Random Posts

  • Anginers

  • Next Random Story

    [Kena.Ajian.Sirep] [Anak.Muda] [Keroyokan.Cerpen] [Adhi.Runner-Up] [Malioboro] [Eksperimen.Eksperimen] [Maaf.Saya.Tidak.Tahu.Perubahan.No.Undi] [Wahyu.Gagal.Mengkader.Wira] [Wisata] [Ratna] [Sucahya.Jangan.Diajak] [Lautan] [Dispen.Nonton.Film] [Angin.Biang.Demo] [Antologi.Bersyarat] [Sibang.Kaja]